Ged a Widget

Wednesday, 6 March 2013

Pelukis Terkenal Dunia & Indonesia

1. Leonardo DaVinci 


Mona Lisa merupakan lukisan dunia yang paling terkenal, dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris. Lukisan itu menunjukkan seorang wanita memandang yang sering digambarkan sebagai "senyum misterius" yang sampai sekarang kabarnya masih belum ditemukan tentang wanita ini .


2.Café Terrace at Night - Vincent Van Gogh 


Café Terrace at Night, juga dikenal sebagai The Terrace Cafe di Place du Forum, adalah lukisan minyak berwarna dieksekusi oleh seniman Belanda Vincent van Gogh pada kanvas industri prima ukuran 25 (Toile de 25 angka) di Arles, Prancis, pertengahan -September 1888. Lukisan tidak ditandatangani, tapi dijelaskan dan disebutkan oleh seniman dalam surat-suratnya di berbagai kesempatan. Ada juga gambar pena besar komposisi yang berasal dari perkebunan artis.
Pengunjung situs ini masih bisa berdiri di sudut timur laut Place du Forum, di mana seniman menyiapkan kuda-kuda [1]. Ia tampak selatan menuju teras artifisial menyala dari rumah kopi yang populer, serta ke dalam kegelapan paksa rue du Palais mengarah ke struktur bangunan (ke kiri, tidak digambarkan) dan, di luar struktur ini, menara gereja mantan (sekarang Musée Lapidaire). Ke arah kanan, Van Gogh menunjukkan sebuah toko terang juga, dan beberapa cabang dari pohon-pohon yang mengelilingi tempat-tapi dia menghilangkan sisa-sisa dari monumen Romawi tepat di samping toko kecil ini.
Lukisan saat di Kröller-Müller Museum di Otterlo, Belanda. 
sumber : wikipedia 

3.Starry Night - Vincent Van Gogh 



Lukisan menggambarkan tampilan luar jendela ruang sanitoriumdi Saint-Rémy-de-Provence (terletak di selatan Perancis) pada malam hari, meskipun dicat dari memori siang hari. Lukisan ini dipajang sebagai koleksi permanen Museum of Modern Art di New York City. 

Sumber: http://ilhamthedarkness.blogspot.com/2012/10/10-pelukis-dengan-lukisannya-yang.html
Konten adalah milik dan hak cipta ilhamthedarkness.blogspot.com


INDONESIA ARTS 
.
1.Affandi Koesoema (CirebonJawa Barat1907 - 23 Mei 1990) adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia, mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas. Pada tahun 1950-an ia banyak mengadakan pameran tunggal di IndiaInggrisEropa, dan Amerika Serikat. Pelukis yang produktif, Affandi telah melukis lebih dari dua ribu lukisan.
sumber : wikipedia 

2. Muryadianto, Pelukis biji wijen
Murdiyanto adalah pelukis biji wijen yang berasal dari Bangil. Muryadianto tinggal di Kelurahan Latek Kecamatan Bangil. Warga setempat lebih mengenal Mur -panggilan Muryadianto- sebagai seorang pekerja di toko bangunan di kawasan tersebut. Yakni UD Mandiri, milik H Syafi'i.
Muryadianto adalah pria asal Ngawi kelahiran 4 April 1973. Ia tak pernah menyangka jika biji wijen yang ia beli seperempat kilogram di pasar Bangil itu beberapa tahun lalu akhirnya bisa jadi lukisan apik. Jadi logo Nahdlatul Ulama (NU), Pemkot Pasuruan hingga logo klub sepak bola mancanegara.



sumber : http://iniunic.blogspot.com/2010/06/unik-gan-10-pelukis-indonesia-dengan.html#ixzz2Ml3TdH5W


3. Ki Djoko Sutedjo (3x3 cm)
Pelukis terkenal asal Semarang ini pernah menjadi rekoris Muri, karyanya yaitu lukisan wayang terkecil yang berukuran 3x3 cm ini tercatat di Muri pada tahun 1998.



sumber : http://iniunic.blogspot.com/2010/06/unik-gan-10-pelukis-indonesia-dengan.html#ixzz2Ml3Zhx68

4. Iwan Ridwan (2x3 mm)
Iwan Ridwan, seorang pelukis asal Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pria berusia 35 tahun ini malah sedang getol-getolnya membuat lukisan mini, yang hanya bisa dinikmati dengan kaca pembesar. Lukisannya yang terkecil berukuran 2x3 mm yaitu lukisan wajah Alm. Gus Dur.
Ada beberapa lukisan Iwan Ridwan yang berukuran super mini diantaranya lukisan wajah Bung Karno (4x16 mm), wajah Soeharto (8x12 mm) dan tokoh lawak Indonesia Gogon (3x5 mm).



sumber : http://iniunic.blogspot.com/2010/06/unik-gan-10-pelukis-indonesia-dengan.html#ixzz2Ml3gMqOv

dll

No comments:

Post a Comment